Friday 2 January 2015

Tugas B. Indonesia

Diposkan oleh C. Sheilla di 00:17


Janji D’Bangordz

Lala, Kiki, Caca, Mimi dan Zeze adalah lima orang sahabat dengan karakternya masing-masing. Lala orangnya keras kepala dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, Kiki orangnya suka kebebasan, Caca orangnya susah diatur dan mau menang sendiri, Mimi orangnya rada telat mikir alias telmi pas banget sama namanya dan sedangkan Zeze orangnya cuek.
Mereka semua bertemu pada saat pertama kali ospek di salah satu SMK swasta di daerah Kota Bogor, satu jurusan dan satu kelas juga. Awalnya mereka sering istirahat bareng, makan bareng sampai akhirnya hangout bareng. Pada saat kumpul bareng tiba-tiba Lala nyeletuk, “Eh kita bikin genk yuuk?” semuanya bengong dan terdiam sesaat. Kemudian Kiki menjawab, “Wah boleh juga tuh, anggotanya kita aja berlima. Umh, gimana kalo namanya D’Bangordz?”. Mimi pun menanggapi usulan dari Kiki “Ok, setuju. Keren juga namanya, kalo lo gimana Ze?” kemudian Zeze menjawabnya, “Ya kalo gue sih setuju-setuju aja, Nah kalo lo, Ca?”. Caca yang saat itu sedang terdiam melihat ketampanan seorang siswa tiba-tiba kaget dan menjawab “Hah, iya setuju banget kalo gua jadi pacar dia?”. Dan Lala, Kiki, Mimi, Zeze kompak berkata, “Hah, Pacar?”. Wajah Caca pun memerah karena malu pembicaraan mereka keluar dari jalur.
“Jadi gimana, Ca? Lo setuju ga kita bikin genk namanya D’Bangordz?” jelas Lala. “Oh, iya gue setuju aja kok”, jawab Caca. “Ok semua setuju ya? Kalo udah semua setuju gue mau buat peraturan nih, diantara kita berlima ga boleh ada yang pacaran dulu sampai lulus sekolah? Tujuannya biar kita fokus dalam mencari ilmu dan biar jadi siswa berprestasi. Walau nama genk kita D’Bangordz tapi kita harus bisa mengharumkan nama baik sekolah kita. Gimana, berani ga?”, tambah Lala. Kemudian Kiki, Mimi, Zeze dan Caca menjawab dengan kompak, “Ok Siapa takut!”. Lalu mereka berlima pun menulis janji mereka di secarik kertas yang ditandatangani oleh kelima anggota genk D’Bangordz dan dimasukan kedalam sebuah botol kemudian mereka menumpuk tangan mereka dan bersorak.
Tiga bulan telah berlalu, persahabatan mereka semakin erat dan hari-hari mereka pun penuh canda, tawa dan juga keceriaan. Saat diantara salah satu dari mereka sedang sedih, galau atau pun down semuanya berusaha menghibur agar dapat tertawa kembali.
Suatu hari, Caca lupa akan perjanjiannya dengan keempat sahabatnya itu. Caca diam-diam mencari tau tentang siswa tampan yang pernah dia liat saat pertama kali masuk sekolah dan ternyata siswa tersebut bernama Yudi, siswa kelas 11 jurusan Teknik Mesin. Dan ternyata Yudi teman sekelasnya Ryan, kakaknya Caca. Selama tiga bulan Yudi memang tidak pernah terlihat di sekolah karena dia sedang melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) di sebuah Pabrik Spare Part Motor.  Dan akhirnya mereka pun bertukar nomor handphone.
Sepanjang hari, Caca dan Yudi saling berkomunikasi entah dengan SMS, telepon dan bahkan terkadang mereka ketemuan hingga jalan bareng. Caca pun jadi jarang kumpul bareng dengan keempat sahabatnya itu.
Suatu ketika D’Bangordz sedang kumpul dan kemudian Lala bertanya kepada Caca, “Ca, kenapa akhir-akhir ini lo jarang kumpul dan main bareng sama kita?”. Caca yang sedang menatap handphonenya sambil senyum-senyum tidak menghiraukan pertanyaan Lala. “CACA, LO KENAPA SENYUM-SENYUM GITU DAH? PUNYA PACAR YA LO?”, teriak Kiki. “Lah ngawur kali lo, Ki. Kita kan ga boleh pacaran dulu sampe lulus sekolah”, jawab Mimi. “Oh iya ya Mi, hehe” kata Kiki sambil menggaruk-garuk kepala. Kemudian Zeze bertanya hal yang sama kepada Caca mengapa ia jarang kumpul. Akhirnya Caca pun menjawab, “Maaf ya teman-teman, gue jarang kumpul bareng kalian soalnya gue lagi sibuk banget nih bantuin di Butik punya nyokap gue. Oh, iya ini juga nyokap gue udah SMS gue nyuru gue pulang cepet. Ngga apa-apa kan gue pulang duluan?”. Zeze menjawab, “Oh ngga apa-apa kok kalo emang lo sibuk bantu nyokap, kita bisa kumpul di lain waktu lagi. Lagi pula ngebantuin orang tua itu dapet pahala”. Lalu Caca meninggalkan mereka semua. Sebenernya Caca berbohong soal ia membantu mamanya di Butik, padahal Caca udah janjian mau nonton bareng Yudi.
Sementara itu, Lala sedikit curiga akan sikap Caca. “Guys, lo pada sadar ga akhir-akhir ini si Caca berubah? Kayak ada sesuatu yang di sembunyiin dari kita?”, tanya Lala kepada Kiki, Mimi dan Zeze. “Iya, dia makin cantik makin putih lagi”, jawab Mimi. “Ih bukan itu, Mi. Iya, La, gue juga ngerasa sikap dia berubah”, kata Zeze. “Gue rasa dia emang beneran punya pacar deh keliatan kok dari sikapnya kayak yang lagi Falling In Love gitu. Lagi pula sejak kapan nyokapnya punya butik? Setau gue nyokapnya di luar kota”, jelas Kiki. “Iya ya, sejak kapan nyokap dia punya butik? Eh Ki, lo kok tau sih? Lo punya pacar juga ya?”, tanya Lala. “Gue punya pacar? Ngga lah, gue masih inget sama janji D’Bangordz jadi ga akan punya pacar”, jawab Kiki. “Ya mungkin usaha sampingan nyokapnya kali. Nah terus lo kok bisa tau kalo dia lagi Falling In Love gitu?”, Cecar Zeze. “Umh, oh itu, gua pernah baca buku aja tentang tanda-tanda orang lagi Falling In Love”, Sangkal Kiki. Sebenarnya Kiki memang sudah punya pacar tapi dia tidak mau mengakuinya dihadapan sahabat-sahabatnya karena sudah terikat janji dan tidak mau mengecewakan sahabat-sahabatnya. Lagi pula Kiki dan pacarnya LDR-an. “Pulang yuk, udah cole nih, ental aku dicaliin mamah”, kata Mimi dengan gaya sok imut. Dan mereka pun pulang. Akhirnya, mereka pun pulang ke rumah masing-masing.
Keesokan harinya, Kiki sedang menerima telepon dari pacarnya di toilet sekolah karena takut ketahuan dengan sahabat-sahabatnya. “Halo, Maaf ya bey lama ngangkatnya, soalnya aku takut ketahuan sama sahabat-sahabat aku”, Kata Kiki. “Loh emangnya kenapa sama sahabat-sahabat kamu, bie?“, tanya Dwi, pacarnya Kiki. “Aku tuh udah janji sama mereka ga akan pacaran sampe lulus sekolah”, jelas Kiki. “Kenapa kamu ngga jujur aja sih sama mereka? Kalo begini kan jadi repot, aku ga bisa nelepon kamu setiap saat”, tanya Dwi dengan nada kesal. “Maaf banget bey, aku ga mau bikin mereka kecewa. Lagi pula kita kan masih bisa SMSan sama BBMan kalo aku lagi di sekolah. Kamu kan bisa telepon kalo aku udah di rumah. Ngga apa-apa ya, kita kayak gini?”, jelas Kiki. “Yaudah, ngga apa-apa. Aku menghargai keputusan kamu tapi bener ya kamu bales SMS atau BBM aku? Kasih kabar juga kalo kamu udah di rumah”, jawab Dwi. “Iyah sayang aku yang paling bawel. Love you”, kata Kiki dengan manja. “Love you too, bie. Yaudah sana nanti kamu ketauan lagi sama sahabat-sahabat kamu” jawab Dwi. “Oke bey, dadah”, kata Kiki sambil menutup teleponnya.
Tak sengaja Caca menguping obrolan Kiki dan pacarnya dari toilet sebelah. Kemudian Caca keluar dari toilet, Kiki pun terkejut melihat Caca. “Jadi lo tau apa yang gue obrolin tadi?”, tanya Kiki dengan raut wajah ketakutan. “Iya, gue denger semua obrolan lo sama pacar lo”, jawab Caca dengan senyum sinis. “Plis, Ca jangan laporin hal ini sama Lala. Gue ga mau dikeluarin dari genk. Gue mohon banget sama lo”, pinta Kiki sambil memelas. “Dih, lagi juga siapa yang mau ngeluarin lo? Emang si Lala ketua genk gitu? Di genk kita tuh ga ada yang namanya ketua. Dianya aja yang sok-sok ngatur. Ini tuh masa muda apa lagi ini masanya putih abu lagi banyak-banyaknya kejadian baru di dalam masa ini. Segala lah bikin peraturan konyol macem gitu, apa tuh? ga boleh pacaran sampe lulus, udah gila kali tuh anak”, kata Caca sambil kesal. “Iya emang sih Lala bukan ketua genk. Nah terus kenapa lo mau bikin genk sama dia?”, tanya Kiki. “Gue gabung di­-genk­ ini biar gua bisa dikenal sama satu sekolah. Apa lagi mayoritas disekolah kita itu cowo semua. Udah yuk ah lama-lama bau ngobrol di toilet, mending ke taman belakang sekolah”, kata Caca. Akhirnya Caca dan Kiki pun pergi meninggalkan toilet dan melanjutkan pembicaraannya ke taman belakang sekolah.
Semakin hari Lala semakin curiga dengan kelakuan Caca dan Kiki. Ketika Lala, Mimi dan Zeze sedang makan siang bersama di kantin sekolah tiba-tiba Lala bertanya, “Ada yang ga beres sama Caca dan Kiki. Akhir-akhir ini mereka jarang kumpul bareng kita ya?”. Saat Lala bertanya dari kejauhan terlihat Caca dan Kiki sedang membeli minum. “Ca, Ki, sini gabung sama kita?”, teriak Mimi. Tetapi Caca dan Kiki hanya melambaikan tangan dan kemudian pergi. “Tuh kan keliatan banget berubahnya, masa dipanggil Mimi mereka ga mau nyamperin kita?”, kata Lala. “Iya, bener dia malah pergi gitu aja. Kayaknya kita harus cepet-cepet nyelidikin mereka deh”, sahut Zeze. “Nyelidikin? Emangnya mereka penjahat?”, tanya Mimi dengan wajah polosnya. “Ih, kumat deh penyakitnya si Mimi. Bukan itu maksudnya kita nyari tau kenapa mereka bisa berubah”, jelas Zeze.
Sementara itu Lala memikirkan cara untuk menyelidiki Caca dan Kiki. “Aha, gue punya ide nih guys. Gimana kalo kita ikutin kegiatan mereka selama udah pulang sekolah? Lo Ze ngikutin si Kiki nah kalo lo Mi ikutin si Caca”, kata Lala. “Wah ide bagus tuh”, jawab Zeze. “terus mulai kapan kita ngikutin mereka?”, tanya Mimi dengan tampang polosnya. “Mulai taun depan Mi”, canda Zeze. “Lebih cepat kayak nya lebih baik. Umh, mulai hari ini aja kita selidikin mereka”, kata Lala. Kemudian mereka pun meninggalkan kantin.
Sesampainya di kelas mereka melihat Caca dan Kiki yang sedang mengobrol, mereka pun menghampirinya. “Eh guys, berpetulang ke hutan pinus yuk. Tempatnya ga jauh loh dari rumah gue, gimana mau ga?” tanya Lala kepada Caca dan Kiki. “Wih, hutan ya? Wah kayaknya seru tuh tapi sayangnya gue ga bisa ikut soalnya gua ada urusan penting nih”, jawab Caca. “Nah kalo lo gimana, Ki?”, tanya Zeze. “Umh, gue juga ga bisa nih. Di suru nyokap nganter belanja bulanan”, jawab Kiki. “Oh, yaudah kalo emang pada ga bisa ya gapapa, kita bisa kesana lain waktu kok”, kata Lala. “Eh, katanya kita mau nyel...”, belum selesai Mimi berbicara tiba-tiba Zeze mengingjak kakinya. “Nyel apa Mi?”, tanya Kiki dengan penasaran. “Nyelesaiin tugas dokumentasi Ki”, sangkal Lala.
Sepulang sekolah, rencana penyelidikan pun dilaksanakan. Diam-diam Mimi mengikuti Caca. Ternyata Caca pergi ke sebuah Restoran untuk bertemu Yudi, yang sudah resmi menjadi pacarnya. “Ih ngapain tuh anak pegang-pegangan tangan? Wah harus diabadikan nih biar si Lala tau”, gumam Mimi sambil memotret Caca dan Yudi dari kejauhan. “Udah ah pulang takut ketauan”.
Keesokan harinya, saat mereka sedang berkumpul di taman belakang sekolah tiba-tiba Lala menunjukan foto Caca dan Yudi yang sedang berpegangan tangan kepadanya. “Maksud lo apa pegang-pegangan tangan sama tu orang?”, tanya Lala dengan nada tinggi. “Umh, aduh apa ya itu? Emmm, uhhh, hmmm”, Caca pun bingung harus beralasan apa lagi dihadapan mereka semua. “Jawab, Ca! Jelasin semuanya!”, bentak Lala. “Umh, oke gue jelasin semuanya. Jadi selama ini  gue bohong sama kalian. Gue emang suka sama Yudi sejak awal kita masuk sekolah dan sekarang kita udah jadian”, jelas Caca. “Jadi lo ngebohongin kita selama ini? Gue ga nyangka yang katanya sahabat bisa ngebohongin sahabatnya. Tega lo ya ngebohongin kita semua”, kata Lala dengan kesalnya. “Apa lo bilang? Lo sahabat gue? Kalo emang lo sahabat gue harusnya lo bisa nerima penyesalan gue dan bisa memaafkan kesalahan gue. Udah ah males gue ngomong sama lo, buang-buang energi gue aja”, jawab Caca sambil pergi meninggalkan mereka. “Eh, Ca lo mau kemana? Tunggu gue!” kata Kiki sambil mengejar Caca. “Ki, lo mau kemana?”, tahan Mimi. “Udah Mi, biarin mereka pergi”, kata Zeze.
Bel pun berbunyi menadakan pulang sekolah, kali ini giliran Zeze bertugas menyelidiki Kiki. Ternyata hari itu Dwi sedang libur kuliah dan menyempatkan untuk bertemu dengan Kiki di taman kota. Kemudian Zeze melihat Kiki sedang menyandarkan kepalanya dibahu Dwi. “Wah ada momen bagus nih, gue abadikan ah”, gumam Zeze sambil mengambil video mereka dari balik semak-semak pohon.
 Sementara itu, Caca pulang ke rumah dengan kesal langsung menuju kamar dan membanting pintu kamarnya.  Selama di kamar dia melempar barang-barang yang merada di kamarnya. Hingga akhirnya tanpa sengaja dia melemparkan bantal kearah Ryan yang berada di depan pintu kamarnya. “Lo kenapa Ca ngamuk-ngamuk gini? Lo ada masalah? Cerita sama gue”, kata Ryan sambil memeluk adik satu-satunya yang paling dia sayang. “Bukan urusan lo, bang”, jawab Caca dengan ketus. “Ca, meski keluarga kita ga harmonis tapi lo masih punya gue, abang lo yang selalu sayang sama lo. Sekarang lo cerita yah tentang masalah lo”, kata Ryan sambil menatap wajah imut adik kesayangannya itu. “Jadi gini bang, awal gue masuk gue bikin perjanjian sama genk gue yang isinya ga boleh pacaran sampe lulus tujuannya biar kita bisa fokus nyari ilmu terus gue kenalan sama cowo dan ternyata cowo itu temen lo, si Yudi. Nah selama ini gue udah jadian sama dia, tapi gue backstreet dari mereka”, jelas Caca. Mendengarkan penjelasan Caca, Ryan pun mencari cara agar mereka bersatu kembali. “Bang, lo kok malah diem aja sih. Bukannya ngasih saran atau tanggapan apa gitu. Tadi gue disuru curhat ke lo”, kata Caca mulai kesal kembali. “Slow napa, gue lagi mikir. Gimana kalo lo nyariin mereka pacar biar mereka bisa ngerasain indahnya cinta putih abu-abu”, usul Ryan. “Umh, gitu ya? Oke deh gue coba moga aja bisa berhasil. Makasih sarannya abang aku yang paling ganteng”, kata Caca sambil memeluk abangnya.
Esok harinya setelah usai pelajaran jam olah raga mereka pergi ke ruang ganti. Dan disana pun Lala memberikan video hasil rekaman dari Zeze kepada Kiki. “Ki, lo mau ikutan jadi pembohong kayak si Caca?”, tanya Lala. Kiki pun terkejut melihat rekaman video tersebut. “Ih wow, video apa tuh? Kayaknya seru. Hahaha. Udah lah sekarang giliran lo ngakuin semuanya, Ki”, sindir Caca. “Iya gue ngaku, sebenernya gue udah punya pacar, tapi gue sama pacar gue LDR-an. Dan kemarin itu dia lagi liburan makanya dia berkunjung ke sini. Maafin gue ya? Gue tau gue emang udah salah banget ga jujur sama kalian semua. Lo mau kan La maafin gue?”, jelas Kiki dengan penuh penyesalan. “Emang ya lo berdua itu bener-bener ga bisa pegang janji, kalian ga bisa setia sama perjanjian ini. Gue ga bisa maafin kalian berdua”, sahut Lala. “Gue kan udah jelasin La kalo gue salah, gue juga udah nyesel dan minta maaf ke lo. Tega-teganya lo ga nerima maaf dari gue. Emang bener ya kata Caca lo itu bukan sahabat yang baik buat gue”, kata Kiki sambil pergi meninggalkan mereka semua. “Tuh liat, gara-gara kelakuan lo tambah satu orang lagi yang sakit hati. Sebenernya mau lo itu apa sih?”, tanya Caca. “Mau kita, kalian setia sama janji itu!”, sahut Zeze. “Oh itu mau kalian, kasian yah masa putih abunya ga punya kisah percintaan. Banyak kok orang diluar sana pacaran tapi punya prestasi yang bagus, udah ah males gue bergaul sama kutu buku, bye”, kata Caca sambil meninggalkan mereka bertiga.
   Mendengar kalimat Caca tiba-tiba Zeze sadar, kalo memang masa remaja itu punya banyak kejadian yang menyengkan untuk mengenal dunia baru. Tiba-tiba Zeze pun berkata, “Gue kok bodoh ya mau-mau aja ikut perjanjian kayak gitu, kalo kayak gini kan gue ga bisa mengekspresikan rasa cinta gue”, sambil memasukan baju olah raga kedalam tas. “Loh Ze, lo kok jadi berubah pikiran gitu? Bukannya lo setuju?”, tanya Lala dengan raut wajah kebingungan. “Ternyata gue salah nilai lo, gue pikir lo sahabat terbaik yang gue miliki tapi tenyata bukan”, kata Zeze pergi meninggalkan Lala dan Mimi. “Ze, lo mau kemana? Tungguin gue!”, Teriak Mimi sambil mengejar Zeze.
Saat jam istirahat Lala terdiam dibawah pohon seorang diri. Dia sedang merenungi semua sikapnya yang telah menyakiti sahabat-sahabatnya itu. Tanpa sengaja Ryan melihat Lala yang sedang duduk sendirian dan menghampirinya. “La, lo kenapa disini sendirian? Temen lo emang pada kemana?”, tanya Ryan. “Gapapa kok, Kak. Gue lagi ada masalah aja sama mereka”, jawab Lala dengan lesu. “Oh, gara-gara perjanjian itu ya? Gue juga udah tau semuanya kok. Menurut gue sih lo lebih baik ngapus janji itu deh kalo janji itu terus-terusan ada pasti lo malah kepecah-belah gini”, saran Ryan. “Tapi kak, gue ga mau prestasi kita semua hancur, lagi pula kalo mereka semua punya pacar pasti mereka sibuk sendiri sama pacarnya masing-masing ga akan ada lagi hal seru-seruan lagi”, kata Lala menanggapi saran Ryan. “Siapa bilang ga bisa seru-seruan bareng lagi? Bisa kok, gue aja bisa. Sahabat-sahabat gue aja pada punya pacar tapi kita masih bisa kumpul bareng, jalan bareng, sama nongkrong bareng. Asal kita bisa menghargai mereka satu sama lain. Ya pokoknya sebisa lo deh atur-atur waktu buat kumpul bareng”, jelas Ryan.
Mendengar penjelasan Ryan kemudian Lala berpikir sejenak agar mereka bersatu kembali. “Eh Kak, lo punya ide ga buat bikin kita bersatu lagi?” tanya Lala. “Hmm, gimana kalo sepulang sekolah semuanya kumpul di pinggir danau deket sekolah?”, Ryan memberikan saran kepada Lala. “Tapi gimana caranya, Kak? Sedangkan keadaan mereka aja masih marah sama gue”, ujar Lala. “Ah itu mah gampang, biar gue yang urus semua. Udah dulu ya gue mau masuk kelas nih”, kata Ryan sambil berjalan menuju ruang kelasnya.
Sepulang sekolah Caca, Kiki, Mimi, dan Zeze telah berkumpul di pinggir danau. “Ini ada apaan dah abang gue nyuru kita semua kumpul di pinggir danau?”, tanya Caca penasaran. “Tau nih ada apaan sih? Tar kulit gue item nih”, keluh Mimi. “Gaya lu, Mi. Biasanya juga lu maen layangan sambil panas-panasan”, kata Kiki sambil bercanda. Sedangkan Zeze asyik memainkan handphonenya dan tiba-tiba dia menerima SMS dari Ryan. “Eh coba lo semua cek hp masing-masing, gue dapet SMS nih dari Kak Ryan”, kata Zeze dengan nada mengengejutkan. Kemudian mereka pun memeriksa Handphonenya masing-masing dan ternyata mereka semua mendapat pesan yang sama bahwa Lala pingsan saat dia sedang bermain basket. Lalu mereka semua bergegas ke lapangan basket.
Sesampainya di lapangan basket, mereka semua menghampiri Lala yang sedang berusaha disadarkan oleh anak-anak PMR. “La, bangun la, Cepet sadar!”, kata Kiki yang terlihat sedih. “La, cepet sadar dong!”, kata Caca yang berusaha membantu menyadarkan Lala. Kemudian Lala pun tersadar, “Ada apaan nih rame-rame? Gue dimana? Emak bapak gue siapa? Duit jajan gue mana?”, kata Lala dengan panik. “Lo tadi pingsan, La”, jawab Zeze.  “Kok kalian mau sih nolongin gue? Gue kan udah jahat sama kalian”, tanya Lala. “Walaupun sikap lo begitu tetep kita harus nolong lo saat lo kesusahan”, jawab Kiki. “Makasih ya, guys. Kalian memang sahabat terbaik gue. Hmm, Maafin gue ya udah maksa kalian buat ngikutin perjanjian itu. Gue ga bisa menghargai kalian dan mulai sekarang perjanjian itu gue hapus deh, kalian bisa bebas mengekspesikan perasaan sama orang-orang yang kalian sayang”, kata Lala dengan penuh penyesalan. “Iya, kita saling memafkan kesalahan aja ya”, sahut Caca. Dan akhirnya mereka saling berpelukan. “Nah, gitu dong akur lagi, jangan cuma Lala aja dong yang dipeluk gue juga”, kata Ryan sambil bercanda. “Nih, Bang. Lo pelukan sama bola basket aja”, kata Caca sambil melempar basket.   
Seiring berjalannya waktu, Lala pun mulai jatuh cinta kepada Ryan. Mulai dari sering makan siang bareng di kantin, kumpul bareng sama D’Bangordz hingga pulang bareng. Sampai akhirnya Ryan menyatakan cintanya kepada Lala. Mereka pun resmi jadian. Dan persahabatan mereka pun makin erat dan kompak.

2 komentar:

kia said...

cerpen yang bagus ka :3

C. Sheilla said...

maaciwh :D

Post a Comment

Friday 2 January 2015

Tugas B. Indonesia



Janji D’Bangordz

Lala, Kiki, Caca, Mimi dan Zeze adalah lima orang sahabat dengan karakternya masing-masing. Lala orangnya keras kepala dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, Kiki orangnya suka kebebasan, Caca orangnya susah diatur dan mau menang sendiri, Mimi orangnya rada telat mikir alias telmi pas banget sama namanya dan sedangkan Zeze orangnya cuek.
Mereka semua bertemu pada saat pertama kali ospek di salah satu SMK swasta di daerah Kota Bogor, satu jurusan dan satu kelas juga. Awalnya mereka sering istirahat bareng, makan bareng sampai akhirnya hangout bareng. Pada saat kumpul bareng tiba-tiba Lala nyeletuk, “Eh kita bikin genk yuuk?” semuanya bengong dan terdiam sesaat. Kemudian Kiki menjawab, “Wah boleh juga tuh, anggotanya kita aja berlima. Umh, gimana kalo namanya D’Bangordz?”. Mimi pun menanggapi usulan dari Kiki “Ok, setuju. Keren juga namanya, kalo lo gimana Ze?” kemudian Zeze menjawabnya, “Ya kalo gue sih setuju-setuju aja, Nah kalo lo, Ca?”. Caca yang saat itu sedang terdiam melihat ketampanan seorang siswa tiba-tiba kaget dan menjawab “Hah, iya setuju banget kalo gua jadi pacar dia?”. Dan Lala, Kiki, Mimi, Zeze kompak berkata, “Hah, Pacar?”. Wajah Caca pun memerah karena malu pembicaraan mereka keluar dari jalur.
“Jadi gimana, Ca? Lo setuju ga kita bikin genk namanya D’Bangordz?” jelas Lala. “Oh, iya gue setuju aja kok”, jawab Caca. “Ok semua setuju ya? Kalo udah semua setuju gue mau buat peraturan nih, diantara kita berlima ga boleh ada yang pacaran dulu sampai lulus sekolah? Tujuannya biar kita fokus dalam mencari ilmu dan biar jadi siswa berprestasi. Walau nama genk kita D’Bangordz tapi kita harus bisa mengharumkan nama baik sekolah kita. Gimana, berani ga?”, tambah Lala. Kemudian Kiki, Mimi, Zeze dan Caca menjawab dengan kompak, “Ok Siapa takut!”. Lalu mereka berlima pun menulis janji mereka di secarik kertas yang ditandatangani oleh kelima anggota genk D’Bangordz dan dimasukan kedalam sebuah botol kemudian mereka menumpuk tangan mereka dan bersorak.
Tiga bulan telah berlalu, persahabatan mereka semakin erat dan hari-hari mereka pun penuh canda, tawa dan juga keceriaan. Saat diantara salah satu dari mereka sedang sedih, galau atau pun down semuanya berusaha menghibur agar dapat tertawa kembali.
Suatu hari, Caca lupa akan perjanjiannya dengan keempat sahabatnya itu. Caca diam-diam mencari tau tentang siswa tampan yang pernah dia liat saat pertama kali masuk sekolah dan ternyata siswa tersebut bernama Yudi, siswa kelas 11 jurusan Teknik Mesin. Dan ternyata Yudi teman sekelasnya Ryan, kakaknya Caca. Selama tiga bulan Yudi memang tidak pernah terlihat di sekolah karena dia sedang melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) di sebuah Pabrik Spare Part Motor.  Dan akhirnya mereka pun bertukar nomor handphone.
Sepanjang hari, Caca dan Yudi saling berkomunikasi entah dengan SMS, telepon dan bahkan terkadang mereka ketemuan hingga jalan bareng. Caca pun jadi jarang kumpul bareng dengan keempat sahabatnya itu.
Suatu ketika D’Bangordz sedang kumpul dan kemudian Lala bertanya kepada Caca, “Ca, kenapa akhir-akhir ini lo jarang kumpul dan main bareng sama kita?”. Caca yang sedang menatap handphonenya sambil senyum-senyum tidak menghiraukan pertanyaan Lala. “CACA, LO KENAPA SENYUM-SENYUM GITU DAH? PUNYA PACAR YA LO?”, teriak Kiki. “Lah ngawur kali lo, Ki. Kita kan ga boleh pacaran dulu sampe lulus sekolah”, jawab Mimi. “Oh iya ya Mi, hehe” kata Kiki sambil menggaruk-garuk kepala. Kemudian Zeze bertanya hal yang sama kepada Caca mengapa ia jarang kumpul. Akhirnya Caca pun menjawab, “Maaf ya teman-teman, gue jarang kumpul bareng kalian soalnya gue lagi sibuk banget nih bantuin di Butik punya nyokap gue. Oh, iya ini juga nyokap gue udah SMS gue nyuru gue pulang cepet. Ngga apa-apa kan gue pulang duluan?”. Zeze menjawab, “Oh ngga apa-apa kok kalo emang lo sibuk bantu nyokap, kita bisa kumpul di lain waktu lagi. Lagi pula ngebantuin orang tua itu dapet pahala”. Lalu Caca meninggalkan mereka semua. Sebenernya Caca berbohong soal ia membantu mamanya di Butik, padahal Caca udah janjian mau nonton bareng Yudi.
Sementara itu, Lala sedikit curiga akan sikap Caca. “Guys, lo pada sadar ga akhir-akhir ini si Caca berubah? Kayak ada sesuatu yang di sembunyiin dari kita?”, tanya Lala kepada Kiki, Mimi dan Zeze. “Iya, dia makin cantik makin putih lagi”, jawab Mimi. “Ih bukan itu, Mi. Iya, La, gue juga ngerasa sikap dia berubah”, kata Zeze. “Gue rasa dia emang beneran punya pacar deh keliatan kok dari sikapnya kayak yang lagi Falling In Love gitu. Lagi pula sejak kapan nyokapnya punya butik? Setau gue nyokapnya di luar kota”, jelas Kiki. “Iya ya, sejak kapan nyokap dia punya butik? Eh Ki, lo kok tau sih? Lo punya pacar juga ya?”, tanya Lala. “Gue punya pacar? Ngga lah, gue masih inget sama janji D’Bangordz jadi ga akan punya pacar”, jawab Kiki. “Ya mungkin usaha sampingan nyokapnya kali. Nah terus lo kok bisa tau kalo dia lagi Falling In Love gitu?”, Cecar Zeze. “Umh, oh itu, gua pernah baca buku aja tentang tanda-tanda orang lagi Falling In Love”, Sangkal Kiki. Sebenarnya Kiki memang sudah punya pacar tapi dia tidak mau mengakuinya dihadapan sahabat-sahabatnya karena sudah terikat janji dan tidak mau mengecewakan sahabat-sahabatnya. Lagi pula Kiki dan pacarnya LDR-an. “Pulang yuk, udah cole nih, ental aku dicaliin mamah”, kata Mimi dengan gaya sok imut. Dan mereka pun pulang. Akhirnya, mereka pun pulang ke rumah masing-masing.
Keesokan harinya, Kiki sedang menerima telepon dari pacarnya di toilet sekolah karena takut ketahuan dengan sahabat-sahabatnya. “Halo, Maaf ya bey lama ngangkatnya, soalnya aku takut ketahuan sama sahabat-sahabat aku”, Kata Kiki. “Loh emangnya kenapa sama sahabat-sahabat kamu, bie?“, tanya Dwi, pacarnya Kiki. “Aku tuh udah janji sama mereka ga akan pacaran sampe lulus sekolah”, jelas Kiki. “Kenapa kamu ngga jujur aja sih sama mereka? Kalo begini kan jadi repot, aku ga bisa nelepon kamu setiap saat”, tanya Dwi dengan nada kesal. “Maaf banget bey, aku ga mau bikin mereka kecewa. Lagi pula kita kan masih bisa SMSan sama BBMan kalo aku lagi di sekolah. Kamu kan bisa telepon kalo aku udah di rumah. Ngga apa-apa ya, kita kayak gini?”, jelas Kiki. “Yaudah, ngga apa-apa. Aku menghargai keputusan kamu tapi bener ya kamu bales SMS atau BBM aku? Kasih kabar juga kalo kamu udah di rumah”, jawab Dwi. “Iyah sayang aku yang paling bawel. Love you”, kata Kiki dengan manja. “Love you too, bie. Yaudah sana nanti kamu ketauan lagi sama sahabat-sahabat kamu” jawab Dwi. “Oke bey, dadah”, kata Kiki sambil menutup teleponnya.
Tak sengaja Caca menguping obrolan Kiki dan pacarnya dari toilet sebelah. Kemudian Caca keluar dari toilet, Kiki pun terkejut melihat Caca. “Jadi lo tau apa yang gue obrolin tadi?”, tanya Kiki dengan raut wajah ketakutan. “Iya, gue denger semua obrolan lo sama pacar lo”, jawab Caca dengan senyum sinis. “Plis, Ca jangan laporin hal ini sama Lala. Gue ga mau dikeluarin dari genk. Gue mohon banget sama lo”, pinta Kiki sambil memelas. “Dih, lagi juga siapa yang mau ngeluarin lo? Emang si Lala ketua genk gitu? Di genk kita tuh ga ada yang namanya ketua. Dianya aja yang sok-sok ngatur. Ini tuh masa muda apa lagi ini masanya putih abu lagi banyak-banyaknya kejadian baru di dalam masa ini. Segala lah bikin peraturan konyol macem gitu, apa tuh? ga boleh pacaran sampe lulus, udah gila kali tuh anak”, kata Caca sambil kesal. “Iya emang sih Lala bukan ketua genk. Nah terus kenapa lo mau bikin genk sama dia?”, tanya Kiki. “Gue gabung di­-genk­ ini biar gua bisa dikenal sama satu sekolah. Apa lagi mayoritas disekolah kita itu cowo semua. Udah yuk ah lama-lama bau ngobrol di toilet, mending ke taman belakang sekolah”, kata Caca. Akhirnya Caca dan Kiki pun pergi meninggalkan toilet dan melanjutkan pembicaraannya ke taman belakang sekolah.
Semakin hari Lala semakin curiga dengan kelakuan Caca dan Kiki. Ketika Lala, Mimi dan Zeze sedang makan siang bersama di kantin sekolah tiba-tiba Lala bertanya, “Ada yang ga beres sama Caca dan Kiki. Akhir-akhir ini mereka jarang kumpul bareng kita ya?”. Saat Lala bertanya dari kejauhan terlihat Caca dan Kiki sedang membeli minum. “Ca, Ki, sini gabung sama kita?”, teriak Mimi. Tetapi Caca dan Kiki hanya melambaikan tangan dan kemudian pergi. “Tuh kan keliatan banget berubahnya, masa dipanggil Mimi mereka ga mau nyamperin kita?”, kata Lala. “Iya, bener dia malah pergi gitu aja. Kayaknya kita harus cepet-cepet nyelidikin mereka deh”, sahut Zeze. “Nyelidikin? Emangnya mereka penjahat?”, tanya Mimi dengan wajah polosnya. “Ih, kumat deh penyakitnya si Mimi. Bukan itu maksudnya kita nyari tau kenapa mereka bisa berubah”, jelas Zeze.
Sementara itu Lala memikirkan cara untuk menyelidiki Caca dan Kiki. “Aha, gue punya ide nih guys. Gimana kalo kita ikutin kegiatan mereka selama udah pulang sekolah? Lo Ze ngikutin si Kiki nah kalo lo Mi ikutin si Caca”, kata Lala. “Wah ide bagus tuh”, jawab Zeze. “terus mulai kapan kita ngikutin mereka?”, tanya Mimi dengan tampang polosnya. “Mulai taun depan Mi”, canda Zeze. “Lebih cepat kayak nya lebih baik. Umh, mulai hari ini aja kita selidikin mereka”, kata Lala. Kemudian mereka pun meninggalkan kantin.
Sesampainya di kelas mereka melihat Caca dan Kiki yang sedang mengobrol, mereka pun menghampirinya. “Eh guys, berpetulang ke hutan pinus yuk. Tempatnya ga jauh loh dari rumah gue, gimana mau ga?” tanya Lala kepada Caca dan Kiki. “Wih, hutan ya? Wah kayaknya seru tuh tapi sayangnya gue ga bisa ikut soalnya gua ada urusan penting nih”, jawab Caca. “Nah kalo lo gimana, Ki?”, tanya Zeze. “Umh, gue juga ga bisa nih. Di suru nyokap nganter belanja bulanan”, jawab Kiki. “Oh, yaudah kalo emang pada ga bisa ya gapapa, kita bisa kesana lain waktu kok”, kata Lala. “Eh, katanya kita mau nyel...”, belum selesai Mimi berbicara tiba-tiba Zeze mengingjak kakinya. “Nyel apa Mi?”, tanya Kiki dengan penasaran. “Nyelesaiin tugas dokumentasi Ki”, sangkal Lala.
Sepulang sekolah, rencana penyelidikan pun dilaksanakan. Diam-diam Mimi mengikuti Caca. Ternyata Caca pergi ke sebuah Restoran untuk bertemu Yudi, yang sudah resmi menjadi pacarnya. “Ih ngapain tuh anak pegang-pegangan tangan? Wah harus diabadikan nih biar si Lala tau”, gumam Mimi sambil memotret Caca dan Yudi dari kejauhan. “Udah ah pulang takut ketauan”.
Keesokan harinya, saat mereka sedang berkumpul di taman belakang sekolah tiba-tiba Lala menunjukan foto Caca dan Yudi yang sedang berpegangan tangan kepadanya. “Maksud lo apa pegang-pegangan tangan sama tu orang?”, tanya Lala dengan nada tinggi. “Umh, aduh apa ya itu? Emmm, uhhh, hmmm”, Caca pun bingung harus beralasan apa lagi dihadapan mereka semua. “Jawab, Ca! Jelasin semuanya!”, bentak Lala. “Umh, oke gue jelasin semuanya. Jadi selama ini  gue bohong sama kalian. Gue emang suka sama Yudi sejak awal kita masuk sekolah dan sekarang kita udah jadian”, jelas Caca. “Jadi lo ngebohongin kita selama ini? Gue ga nyangka yang katanya sahabat bisa ngebohongin sahabatnya. Tega lo ya ngebohongin kita semua”, kata Lala dengan kesalnya. “Apa lo bilang? Lo sahabat gue? Kalo emang lo sahabat gue harusnya lo bisa nerima penyesalan gue dan bisa memaafkan kesalahan gue. Udah ah males gue ngomong sama lo, buang-buang energi gue aja”, jawab Caca sambil pergi meninggalkan mereka. “Eh, Ca lo mau kemana? Tunggu gue!” kata Kiki sambil mengejar Caca. “Ki, lo mau kemana?”, tahan Mimi. “Udah Mi, biarin mereka pergi”, kata Zeze.
Bel pun berbunyi menadakan pulang sekolah, kali ini giliran Zeze bertugas menyelidiki Kiki. Ternyata hari itu Dwi sedang libur kuliah dan menyempatkan untuk bertemu dengan Kiki di taman kota. Kemudian Zeze melihat Kiki sedang menyandarkan kepalanya dibahu Dwi. “Wah ada momen bagus nih, gue abadikan ah”, gumam Zeze sambil mengambil video mereka dari balik semak-semak pohon.
 Sementara itu, Caca pulang ke rumah dengan kesal langsung menuju kamar dan membanting pintu kamarnya.  Selama di kamar dia melempar barang-barang yang merada di kamarnya. Hingga akhirnya tanpa sengaja dia melemparkan bantal kearah Ryan yang berada di depan pintu kamarnya. “Lo kenapa Ca ngamuk-ngamuk gini? Lo ada masalah? Cerita sama gue”, kata Ryan sambil memeluk adik satu-satunya yang paling dia sayang. “Bukan urusan lo, bang”, jawab Caca dengan ketus. “Ca, meski keluarga kita ga harmonis tapi lo masih punya gue, abang lo yang selalu sayang sama lo. Sekarang lo cerita yah tentang masalah lo”, kata Ryan sambil menatap wajah imut adik kesayangannya itu. “Jadi gini bang, awal gue masuk gue bikin perjanjian sama genk gue yang isinya ga boleh pacaran sampe lulus tujuannya biar kita bisa fokus nyari ilmu terus gue kenalan sama cowo dan ternyata cowo itu temen lo, si Yudi. Nah selama ini gue udah jadian sama dia, tapi gue backstreet dari mereka”, jelas Caca. Mendengarkan penjelasan Caca, Ryan pun mencari cara agar mereka bersatu kembali. “Bang, lo kok malah diem aja sih. Bukannya ngasih saran atau tanggapan apa gitu. Tadi gue disuru curhat ke lo”, kata Caca mulai kesal kembali. “Slow napa, gue lagi mikir. Gimana kalo lo nyariin mereka pacar biar mereka bisa ngerasain indahnya cinta putih abu-abu”, usul Ryan. “Umh, gitu ya? Oke deh gue coba moga aja bisa berhasil. Makasih sarannya abang aku yang paling ganteng”, kata Caca sambil memeluk abangnya.
Esok harinya setelah usai pelajaran jam olah raga mereka pergi ke ruang ganti. Dan disana pun Lala memberikan video hasil rekaman dari Zeze kepada Kiki. “Ki, lo mau ikutan jadi pembohong kayak si Caca?”, tanya Lala. Kiki pun terkejut melihat rekaman video tersebut. “Ih wow, video apa tuh? Kayaknya seru. Hahaha. Udah lah sekarang giliran lo ngakuin semuanya, Ki”, sindir Caca. “Iya gue ngaku, sebenernya gue udah punya pacar, tapi gue sama pacar gue LDR-an. Dan kemarin itu dia lagi liburan makanya dia berkunjung ke sini. Maafin gue ya? Gue tau gue emang udah salah banget ga jujur sama kalian semua. Lo mau kan La maafin gue?”, jelas Kiki dengan penuh penyesalan. “Emang ya lo berdua itu bener-bener ga bisa pegang janji, kalian ga bisa setia sama perjanjian ini. Gue ga bisa maafin kalian berdua”, sahut Lala. “Gue kan udah jelasin La kalo gue salah, gue juga udah nyesel dan minta maaf ke lo. Tega-teganya lo ga nerima maaf dari gue. Emang bener ya kata Caca lo itu bukan sahabat yang baik buat gue”, kata Kiki sambil pergi meninggalkan mereka semua. “Tuh liat, gara-gara kelakuan lo tambah satu orang lagi yang sakit hati. Sebenernya mau lo itu apa sih?”, tanya Caca. “Mau kita, kalian setia sama janji itu!”, sahut Zeze. “Oh itu mau kalian, kasian yah masa putih abunya ga punya kisah percintaan. Banyak kok orang diluar sana pacaran tapi punya prestasi yang bagus, udah ah males gue bergaul sama kutu buku, bye”, kata Caca sambil meninggalkan mereka bertiga.
   Mendengar kalimat Caca tiba-tiba Zeze sadar, kalo memang masa remaja itu punya banyak kejadian yang menyengkan untuk mengenal dunia baru. Tiba-tiba Zeze pun berkata, “Gue kok bodoh ya mau-mau aja ikut perjanjian kayak gitu, kalo kayak gini kan gue ga bisa mengekspresikan rasa cinta gue”, sambil memasukan baju olah raga kedalam tas. “Loh Ze, lo kok jadi berubah pikiran gitu? Bukannya lo setuju?”, tanya Lala dengan raut wajah kebingungan. “Ternyata gue salah nilai lo, gue pikir lo sahabat terbaik yang gue miliki tapi tenyata bukan”, kata Zeze pergi meninggalkan Lala dan Mimi. “Ze, lo mau kemana? Tungguin gue!”, Teriak Mimi sambil mengejar Zeze.
Saat jam istirahat Lala terdiam dibawah pohon seorang diri. Dia sedang merenungi semua sikapnya yang telah menyakiti sahabat-sahabatnya itu. Tanpa sengaja Ryan melihat Lala yang sedang duduk sendirian dan menghampirinya. “La, lo kenapa disini sendirian? Temen lo emang pada kemana?”, tanya Ryan. “Gapapa kok, Kak. Gue lagi ada masalah aja sama mereka”, jawab Lala dengan lesu. “Oh, gara-gara perjanjian itu ya? Gue juga udah tau semuanya kok. Menurut gue sih lo lebih baik ngapus janji itu deh kalo janji itu terus-terusan ada pasti lo malah kepecah-belah gini”, saran Ryan. “Tapi kak, gue ga mau prestasi kita semua hancur, lagi pula kalo mereka semua punya pacar pasti mereka sibuk sendiri sama pacarnya masing-masing ga akan ada lagi hal seru-seruan lagi”, kata Lala menanggapi saran Ryan. “Siapa bilang ga bisa seru-seruan bareng lagi? Bisa kok, gue aja bisa. Sahabat-sahabat gue aja pada punya pacar tapi kita masih bisa kumpul bareng, jalan bareng, sama nongkrong bareng. Asal kita bisa menghargai mereka satu sama lain. Ya pokoknya sebisa lo deh atur-atur waktu buat kumpul bareng”, jelas Ryan.
Mendengar penjelasan Ryan kemudian Lala berpikir sejenak agar mereka bersatu kembali. “Eh Kak, lo punya ide ga buat bikin kita bersatu lagi?” tanya Lala. “Hmm, gimana kalo sepulang sekolah semuanya kumpul di pinggir danau deket sekolah?”, Ryan memberikan saran kepada Lala. “Tapi gimana caranya, Kak? Sedangkan keadaan mereka aja masih marah sama gue”, ujar Lala. “Ah itu mah gampang, biar gue yang urus semua. Udah dulu ya gue mau masuk kelas nih”, kata Ryan sambil berjalan menuju ruang kelasnya.
Sepulang sekolah Caca, Kiki, Mimi, dan Zeze telah berkumpul di pinggir danau. “Ini ada apaan dah abang gue nyuru kita semua kumpul di pinggir danau?”, tanya Caca penasaran. “Tau nih ada apaan sih? Tar kulit gue item nih”, keluh Mimi. “Gaya lu, Mi. Biasanya juga lu maen layangan sambil panas-panasan”, kata Kiki sambil bercanda. Sedangkan Zeze asyik memainkan handphonenya dan tiba-tiba dia menerima SMS dari Ryan. “Eh coba lo semua cek hp masing-masing, gue dapet SMS nih dari Kak Ryan”, kata Zeze dengan nada mengengejutkan. Kemudian mereka pun memeriksa Handphonenya masing-masing dan ternyata mereka semua mendapat pesan yang sama bahwa Lala pingsan saat dia sedang bermain basket. Lalu mereka semua bergegas ke lapangan basket.
Sesampainya di lapangan basket, mereka semua menghampiri Lala yang sedang berusaha disadarkan oleh anak-anak PMR. “La, bangun la, Cepet sadar!”, kata Kiki yang terlihat sedih. “La, cepet sadar dong!”, kata Caca yang berusaha membantu menyadarkan Lala. Kemudian Lala pun tersadar, “Ada apaan nih rame-rame? Gue dimana? Emak bapak gue siapa? Duit jajan gue mana?”, kata Lala dengan panik. “Lo tadi pingsan, La”, jawab Zeze.  “Kok kalian mau sih nolongin gue? Gue kan udah jahat sama kalian”, tanya Lala. “Walaupun sikap lo begitu tetep kita harus nolong lo saat lo kesusahan”, jawab Kiki. “Makasih ya, guys. Kalian memang sahabat terbaik gue. Hmm, Maafin gue ya udah maksa kalian buat ngikutin perjanjian itu. Gue ga bisa menghargai kalian dan mulai sekarang perjanjian itu gue hapus deh, kalian bisa bebas mengekspesikan perasaan sama orang-orang yang kalian sayang”, kata Lala dengan penuh penyesalan. “Iya, kita saling memafkan kesalahan aja ya”, sahut Caca. Dan akhirnya mereka saling berpelukan. “Nah, gitu dong akur lagi, jangan cuma Lala aja dong yang dipeluk gue juga”, kata Ryan sambil bercanda. “Nih, Bang. Lo pelukan sama bola basket aja”, kata Caca sambil melempar basket.   
Seiring berjalannya waktu, Lala pun mulai jatuh cinta kepada Ryan. Mulai dari sering makan siang bareng di kantin, kumpul bareng sama D’Bangordz hingga pulang bareng. Sampai akhirnya Ryan menyatakan cintanya kepada Lala. Mereka pun resmi jadian. Dan persahabatan mereka pun makin erat dan kompak.

2 comments:

 

Kumpulan Tugas Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review