Pada laporan kali ini, saya akan membahas
tentang sequence diagram dan class diagram. Class adalah sebuah spesifikasi
yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari
pengembangan dan desain berorientasi objek.
Class menggambarkan keadaan (atribut/properti)
suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut
(method/fungsi). Sedangkan Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek
di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya)
berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar
dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence
diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian
langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk
menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas
tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output
apa yang dihasilkan.
Contoh Sequence Diagram
Logika:
Nasabah mengambil nomor antrian di mesin antrian,
kemudian nasabah menunggu nomor antrian
dipanggil oleh customer service. Setelah customer service memanggil nomor
antian nasabah kemudian customer service memberikan formulir. Lalu nasabah
mengisi formulir dan menyerahkan berkas-berkas lainnya ke customer. Setelah itu
customer service menginput data nasabah kedalam komputer. Kemudian komputer
akan mencetak buku tabungan baru. Setelah itu customer service memalidasi
nasabah baru. Setelah selesai validasi maka buku tabungan diserahkan kepada
nasabah.
Contoh Class Diagram
Logika:
Diagram diatas merupakan diagram class untuk
peminjaman buku di perpustakaan. Didalam diagram tersebut kita memiliki
beberapa object diantaranya anggota, pinjam, dan buku
Object Anggota memiliki atribut pendukung
yaitu, NoAnggota, Nama, Telepon, dan Alamat yang memiliki suatu aksi yaitu
insert untuk menambahkan jumlah anggota untuk perpustakaan tersebut, update
untuk memperbaharui datanya, dan juga delete untuk menghapus data anggota
tersebut.
Object Pinjam memiliki atribut pendukung
yaitu, NoPinjam, TanggalPinjam, TanggalKembali, KodeBuku, dan NoAnggota yang
memiliki suatu aksi yaitu insert, update dan delete.
Object Buku memiliki atribut pendukung yaitu,
KodeBuku, Judul, TanggalKembali, Pengarang, Penerbit, TahunTerbit dan
Status_Buku yang memiliki suatu aksi yaitu insert, update dan delete.
Object Petugas memiliki atribut pendukung
yaitu, NoPetugas, NamaPtugas, Jkelamin, dan TlpnPtugas yang memiliki suatu aksi
yaitu insert untuk menambahkan jumlah anggota untuk perpustakaan tersebut,
update untuk memperbaharui datanya, dan juga delete untuk menghapus data
anggota tersebut.
0 komentar:
Post a Comment