Saturday 8 March 2014

Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam Komunikasi (T.O.U.2)

Diposkan oleh C. Sheilla di 22:33

·              Pengertian dan arti penting komunikasi
Komunikasi atau communicaton berasal dari bahasa Latin communis yang artinya 'bersama'. Communico, communicatio atau communicare yang berarti membuat sama (make to common). Secara umum dapat kita definisikan komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.
Komunikasi merupakan hal yang mengikat kesatuan organisasi. Komunikasi membantu anggota-anggota organisasi mencapai tujuan individu dan juga organisasi, merespons dan mengimplimentasikan perubahan organisasi, mengkoordinasi aktivitas organisasi dan ikut memainkan peran dalam hampir semua tindakan organisasi yang relevan. Meski demikian, berkomunikasi tidaklah mudah.
Bila sebuah organisasi sampai pada titik di mana komunikasi dalam organisasi tidak seefektif yang seharusnya, organisasi itu tidak akan berfungsi seefektif yang seharusnya.      

·              Jenis dan Proses Komunikasi
Jenis-jenis komunikasi perlu kita pelajari dan ketahui untuk melancarkan proses bertukar pendapat. Selain itu dengan mengetahui jenis-jenis komunikasi akan memper mudah cara penyampaian informasi dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Jenis komunikasi berdasarkan media tutur dibagi menjadi 2, yaitu:
1.      Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan secara langsung adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi mereka.
2.      Komunikasi Tulisan
Komunikasi tulisan adalah komunikasi yang di lakukan dengan perantaraan tulisan tanpa adanya pembicaraan secara langsung dengan menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan dapat dimengerti oleh penerima.

Jenis komunikasi berdasarkan sifatnya dibagi menjadi 3, yaitu:
1.      Komunikasi Agresif
Komunikasi agresif adalah komunikasi yang lebih di dominasi oleh satu pihak, sedangkan pihak yang lainnya hanya sebagai pendengar/pasif. Komunikasi agresif ini biasanya bersifat mengendalikan lawan bicaranya.
2.      Komunikasi Pasif
Komunikasi pasif merupakan lawan dari komunikasi agresif. Pelaku komunikasi pasif biasanya membiarkan dirinya menjadi pendengar dan tidak mampu mempertahankan pendapatnya sendiri secara langsung.
3.      Komunikasi Asertif
Komuniksi asertif adalah komunikasi dua arah, bersikap terbuka saling menghargai. Komunikasi asertif ini tidak mementingkan dirinya sendiri namun memperhatikan pula apa yang dibicarakan lawan bicaranya sehingga tercipta komunikasi yang saling menjaga perasaan.
Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya.  Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi, banyak melalui perkembangan. Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.
Proses komunikasi secara umum dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Proses seperti ini melibatkan lima unsur, yaitu:
1.      Komunikator (Orang yang menyampaikan pesan)
2.      Pesan (Pesan yang dikomunikasikan)
3.      Media (media penyampaian)
4.      Penerima Pesan (Orang yang menerima pesan)
5.      Umpan Balik
Secara singkat: Siapa - mengatakan apa - dengan cara apa - kepada siapa - dengan dampak apa?

·              Komunikasi Efektif
Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi.
Tujuan dari komunikasi efektif sebenarnya adalah memberikan kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi informasi dan penerima informasi sehingga bahasa yang digunakan oleh pemberi informasi lebih jelas dan lengkap, serta dapat dimengerti dan dipahami dengan baik oleh penerima informasi, atau komunikan. Tujuan lain dari komunikasi efektif adalah agar pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back dapat seimbang sehingga tidak terjadi monoton.

·              Implikasi Manajerial
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata implikasi berarti akibat. Kata implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen.
Di dalam Manajemen, Implikasi dibagi menjadi 2, yaitu:
1.   Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja  dan formulasi kebijakan
2.    Implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi diakses pada 07/03/2014 pukul 18:52
http://www.anneahira.com/jenis-jenis-komunikasi.htm diakses pada 07/03/2014 pukul 22:13
http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2166075-pengertian-komunikasi-efektif/#ixzz2vI8nRT9B diakses pada 07/03/2014 pukul 22:35
http://rustyrisdy.blogspot.com/2013/05/jenis-dan-proses-kominikasi.html diakses pada 07/03/2014 pukul 22:55
http://herisllubers.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial-implikasi.html diakses pada 07/03/2014 pukul 23:05
http://id.wikipedia.org/wiki/Implikasi diakses pada 08/03/2014 pukul 00:57
http://ikasakra-olivia.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial.html diakses pada 08/03/2014 pukul 01:00
John M Ivancevich,Perilaku dan Manajemen Organisasi jil 2.Erlangga:Jakarta,2005

0 komentar:

Post a Comment

Saturday 8 March 2014

Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam Komunikasi (T.O.U.2)


·              Pengertian dan arti penting komunikasi
Komunikasi atau communicaton berasal dari bahasa Latin communis yang artinya 'bersama'. Communico, communicatio atau communicare yang berarti membuat sama (make to common). Secara umum dapat kita definisikan komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.
Komunikasi merupakan hal yang mengikat kesatuan organisasi. Komunikasi membantu anggota-anggota organisasi mencapai tujuan individu dan juga organisasi, merespons dan mengimplimentasikan perubahan organisasi, mengkoordinasi aktivitas organisasi dan ikut memainkan peran dalam hampir semua tindakan organisasi yang relevan. Meski demikian, berkomunikasi tidaklah mudah.
Bila sebuah organisasi sampai pada titik di mana komunikasi dalam organisasi tidak seefektif yang seharusnya, organisasi itu tidak akan berfungsi seefektif yang seharusnya.      

·              Jenis dan Proses Komunikasi
Jenis-jenis komunikasi perlu kita pelajari dan ketahui untuk melancarkan proses bertukar pendapat. Selain itu dengan mengetahui jenis-jenis komunikasi akan memper mudah cara penyampaian informasi dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Jenis komunikasi berdasarkan media tutur dibagi menjadi 2, yaitu:
1.      Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan secara langsung adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi mereka.
2.      Komunikasi Tulisan
Komunikasi tulisan adalah komunikasi yang di lakukan dengan perantaraan tulisan tanpa adanya pembicaraan secara langsung dengan menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan dapat dimengerti oleh penerima.

Jenis komunikasi berdasarkan sifatnya dibagi menjadi 3, yaitu:
1.      Komunikasi Agresif
Komunikasi agresif adalah komunikasi yang lebih di dominasi oleh satu pihak, sedangkan pihak yang lainnya hanya sebagai pendengar/pasif. Komunikasi agresif ini biasanya bersifat mengendalikan lawan bicaranya.
2.      Komunikasi Pasif
Komunikasi pasif merupakan lawan dari komunikasi agresif. Pelaku komunikasi pasif biasanya membiarkan dirinya menjadi pendengar dan tidak mampu mempertahankan pendapatnya sendiri secara langsung.
3.      Komunikasi Asertif
Komuniksi asertif adalah komunikasi dua arah, bersikap terbuka saling menghargai. Komunikasi asertif ini tidak mementingkan dirinya sendiri namun memperhatikan pula apa yang dibicarakan lawan bicaranya sehingga tercipta komunikasi yang saling menjaga perasaan.
Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya.  Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi, banyak melalui perkembangan. Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.
Proses komunikasi secara umum dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Proses seperti ini melibatkan lima unsur, yaitu:
1.      Komunikator (Orang yang menyampaikan pesan)
2.      Pesan (Pesan yang dikomunikasikan)
3.      Media (media penyampaian)
4.      Penerima Pesan (Orang yang menerima pesan)
5.      Umpan Balik
Secara singkat: Siapa - mengatakan apa - dengan cara apa - kepada siapa - dengan dampak apa?

·              Komunikasi Efektif
Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi.
Tujuan dari komunikasi efektif sebenarnya adalah memberikan kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi informasi dan penerima informasi sehingga bahasa yang digunakan oleh pemberi informasi lebih jelas dan lengkap, serta dapat dimengerti dan dipahami dengan baik oleh penerima informasi, atau komunikan. Tujuan lain dari komunikasi efektif adalah agar pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back dapat seimbang sehingga tidak terjadi monoton.

·              Implikasi Manajerial
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata implikasi berarti akibat. Kata implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen.
Di dalam Manajemen, Implikasi dibagi menjadi 2, yaitu:
1.   Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja  dan formulasi kebijakan
2.    Implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi diakses pada 07/03/2014 pukul 18:52
http://www.anneahira.com/jenis-jenis-komunikasi.htm diakses pada 07/03/2014 pukul 22:13
http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2166075-pengertian-komunikasi-efektif/#ixzz2vI8nRT9B diakses pada 07/03/2014 pukul 22:35
http://rustyrisdy.blogspot.com/2013/05/jenis-dan-proses-kominikasi.html diakses pada 07/03/2014 pukul 22:55
http://herisllubers.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial-implikasi.html diakses pada 07/03/2014 pukul 23:05
http://id.wikipedia.org/wiki/Implikasi diakses pada 08/03/2014 pukul 00:57
http://ikasakra-olivia.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial.html diakses pada 08/03/2014 pukul 01:00
John M Ivancevich,Perilaku dan Manajemen Organisasi jil 2.Erlangga:Jakarta,2005

No comments:

Post a Comment

 

Kumpulan Tugas Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review